Kegunaan dan Komposisi Fomepizole, Obat Efektif bagi Pengidap Gagal Ginjal Akut

Minggu, 23 Oktober 2022 - 23:55 WIB
loading...
Kegunaan dan Komposisi...
Fomepizole atau nama lainnya Antizol merupakan obat yang digunakan sebagai penangkal racun metanol atau etilen glikol (EG). Obat ini diyakini efektif untuk mengobati penyakit gagal ginjal akut. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Fomepizole atau nama lainnya Antizol merupakan obat yang digunakan sebagai penangkal racun metanol atau etilen glikol (EG). Obat ini diyakini efektif untuk mengobati penyakit gagal ginjal akut.

Gangguan ginjal akut misterius pada anak di Indonesia sudah mendapatkan antidote atau penawarnya. Penawar ini bernama Fomepizole yang diketahui berasal dari Singapura.



Sementara itu, soal kegunaan dan komposisinya belum diketahui oleh masyarakat umum. Maka, inilah ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (23/10/2022).

Fomepizole atau nama lainnya Antizol merupakan penghambat alkohol dehidrogenase yang digunakan sebagai penangkal racun bagi mereka yang keracunan metanol atau etilen glikol (EG) yang terkonfirmasi.

Nama kimia Fomepizole adalah 4-methylpyrazole, dengan rumus molekulnya C 4 H 6 N 2 dan berat molekul 82,1.

Kementerian Kesehatan menerangkan bahwa antidote Fomepizole berupa injeksi, artinya larutan yang disuntikkan (cair).

Fomepizole memiliki warna bening hingga kuning. Titik lelehnya adalah 25 derajat celsius dan bisa menjadi padat pada suhu kamar. Kemudian, zat ini juga bisa larut dalam air dan sangat larut dalam etanol, dietil eter, serta kloroform yang tiap vial mengandung 1,5 mL (1 g/mL) Fomepizole.



"Ini penawar zat toksin. Bentuknya injeksi," ungkap Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi pada SINDOnews, Minggu (23/10/2022).

Di samping manfaatnya, Fomepizole juga memiliki efek samping yaitu ruam kulit ringan, maag, mual, muntah, diare, kehilangan selera makan, pusing, mengantuk, cemas, sakit kepala, rasa logam di mulut, perasaan mabuk, sakit punggung, sakit tenggorokan, telinga berdenging, perubahan penglihatan, serta perubahan indra penciuman atau rasa.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)